Inilah Formasi Sepak Bola yang Sering Digunakan Liga Dunia

Formasi Sepak Bola yang Sering Digunakan

Sepak bola merupakan permainan yang paling populer dari zaman dahulu hingga sekarang. Tidak heran jika ribuan orang sering menghabiskan waktu mereka untuk menonton sepak bola baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu kunci berhasil atau tidaknya suatu tim sepak bola adalah strategi formasi yang digunakan. Terdapat beberapa formasi sepak bola yang sering digunakan klub sukses. Setiap formasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Taktik Formasi 4-3-3

Taktik 4-3-3 memang populer di berbagai tim sepak bola. Pasalnya, peluang kemenangan atau gol akan sangat tinggi. Meskipun demikian, strategi dalam formasi harus benar-benar diterapkan. Maksud dari formasi ini, bagian belakang terdapat 4 bek. Kemudian pada bagian tengah terdapat 3 pemain yang diatur sebagai gelandang, dan bagian penyerang diposisikan di bagian depan berjumlah 3 orang.

READ  5 Klub Bola Terkaya di Dunia di Tahun 2021

Penggunaan formasi ini bertekanan pada pengoperan bola yang teratur dan teknik kuasai bola di wilayah lawan. Real Madrid dan Barcelona sering menggunakan jenis formasi yang satu ini. Kedua tim tersebut mengandalkan formasi ini untuk meraih kemenangan.

2. Teknik Formasi 4-4-2

Formasi ini adalah salah satu dari beberapa formasi sepak bola yang sering digunakan klub sukses dan sering dipakai oleh tim nasional Indonesia. Penempatan strategi berada pada bagian penyerang dan gelandang. Dimana penyerang berjumlah 2 orang, 4 orang diatur sebagai gelandang, dan 4 orang lain sebagai bek. Tim yang menggunakan formasi ini umumnya memiliki keserasian atau keseimbangan. Baik untuk bertahan maupun menyerang.

Penggunaan formasi ini bertujuan untuk melakukan penyerangan yang difokuskan pada bagian sayap. bagian penyerang bisa memiliki posisi yang sangat central. Pasalnya seluruh umpan dari pemain akan melalui striker. Striker harus bisa mencari kesempatan untuk menghasilkan gol di gawang lawan.

READ  5 Klub Bola Terkaya di Dunia di Tahun 2021

3. Taktik Formasi 4-5-1

Umumnya tim sepak bola yang menekankan pada serangan balik akan menggunakan taktik ini. Formasi ini kerap digunakan untuk memperkuat pertahanan. Formasi 4-5-1 terdiri dari 4 orang diatur sebagai bek, pada bagian tengah ada 5 gelandang dan penyerang ada 1 orang. Tim yang menggunakan formasi ini, akan berusaha menjaga tempo permainan sebaik mungkin. Sehingga pertahanan akan berjalan dengan baik.

4. Taktik Formasi 4-4-1-1

Formasi sepak bola 4-4-1-1 merupakan suatu strategi yang sering digunakan untuk mengantisipasi situasi tidak terduga. Strategi yang digunakan adalah membagi bek dan gelandang dengan jumlah yang sama yaitu 4 gelandang 4 bek. Kemudian penyerang ada 2 masing-masing 1 orang. Setiap penyerang memiliki fungsi yang berbeda.

Penyerang pertama memiliki tanggung jawab untuk menyerang lawan langsung. Sedangkan penyerang kedua, melengkapi penyerangan dan bersiap untuk situasi yang tidak terkontrol. Apabila pelatih menurunkan strategi ini, artinya setiap pemain telah benar-benar memahami cara penggunaannya. Sehingga permainan bisa tertata dan peluang mencetak gol menjadi lebih tinggi.

READ  5 Klub Bola Terkaya di Dunia di Tahun 2021

5. Taktik Formasi 4-3-1-2

Formasi ini akan digunakan untuk melakukan jenis serangan yang tertata dan kuat. Terdapat 4 bek yang bertugas untuk melakukan penjagaan. Kemudian 3 gelandang, 1 playmaker dan 2 penyerang. Setiap sayap akan dijaga oleh 2 gelandang. Sehingga tidak hanya penyerangan saja, tetapi juga pertahanan akan menjadi lebih kuat.

Bentuk strategi diatas menjadi formasi sepak bola yang sering digunakan klub sukses. Pasalnya, strategi tersebut memiliki teknik pertahanan dan penyerangan yang baik dan ritme permainan yang terkontrol. Pengoperan menjadi kunci utama dalam formasi-formasi tersebut. Umumnya setiap pelatih akan menganalisa jalannya permainan kemudian menentukan jenis formasi yang akan digunakan.

About the Author: SinChan

You May Also Like