5 Klub Bola Terkaya di Dunia di Tahun 2021

Klub Bola Terkaya di Dunia

Musim 2019/2020 di dunia sepakbola menjadi momen yang harus dikenang oleh semua klub dalam sejarah sepakbola. Musim yang dilanda pandemi Covid-19 ini mengakibatkan penurunan total pendapatan klub-klub di seluruh dunia. Beberapa klub telah kehilangan tempat dalam daftar klub bola terkaya di dunia.

Sekarang di musim 2020/2021, beberapa klub sedang bekerja keras untuk bangkit kembali, beberapa lainnya bahkan belum memulai proses pemulihan. Bagi pecinta sepakbola tentunya ingin tahu apakah tim favoritnya berada dalam daftar finansial yang aman. Simak berikut urutan 5 besar klub terkaya di dunia:

1. Barcelona

Tidak berbeda dengan klub lainnya, Blaugrana mengalami penurunan pendapatan musim lalu. Terlepas dari kenyataan bahwa pendapatan klub ini telah turun dari 14% dari penghasilan musim lalu. Total pendapatan klub ini menjadi 715,1 juta euro. Meski demikian Barcelona masih menduduki posisi teratas dari daftar klub bola terkaya di dunia.

Ironisnya, meski berada di posisi teratas secara finansial, Barcelona juga diklaim memiliki utang tertinggi di liga top Eropa. Kabarnya, klub ini berhutang uang untuk beberapa kesepakatan transfer pemain – termasuk Philippe Coutinho dari Liverpool dan Frenkie De Jong dari Ajax.

READ  Inilah Formasi Sepak Bola yang Sering Digunakan Liga Dunia

Menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19, keberhasilan Barcelona bertahan di posisi ini dikaitkan dengan perombakan operasional. Klub ini dimiliki oleh suporter klub dan tidak memiliki pemegang saham utama atau pemodal miliarder. Klub ini memiliki lebih dari 160.000 anggota yang membentuk badan pengaturnya.

2. Real Madrid

Terlepas dari dampak negatif pandemi Covid-19, yang membuat pendapatan Real Madrid menurun, klub ini masih mampu menempati posisi kedua dalam daftar klub yang kaya. Di musim sepakbola 2020/2021, Madrid menghasilkan 714,9 juta euro, turun 42 juta euro dari musim sebelumnya.

Posisi kedua yang diperoleh Los Blancos ini hanya selisih tipis dari rival domestik-nya Barcelona, yakni 200,000 euro. Di musim sebelumnya kedua klub besar La Liga ini berada di posisi sejajar dengan pendapatan yang sama.

3. Bayern Munich

Bayern Munich berada di urutan ketiga dalam klub bola terkaya di dunia dengan pendapatan 634.1 juta euro.  Pendapatan komersial adalah sumber pendapatan tertinggi dari klub ini, diikuti oleh pendapatan  penyiaran dan hari pertandingan.

READ  Inilah Formasi Sepak Bola yang Sering Digunakan Liga Dunia

The Bavarians merupakan klub tersukses dalam sejarah Bundesliga. Berhasil memenangkan 29 gelar, termasuk delapan gelar terakhir dalam kompetisi tersebut. Penampilan mereka di babak sistem gugur Liga Champions menjadikan mereka salah satu klub Jerman paling laris dan paling sukses, baik di dalam maupun di luar lapangan.

4. Manchester United

Dampak Covid-19 pada olahraga dan absennya Liga Champions membuat Manchester United terdepak keluar dari tiga besar klub terkaya, menempatkannya pada posisi keempat. Pendapatan klub ini  jeblok hingga 131 juta euro, yang merupakan penurunan terbesar dari klub-klub lainnya.

Saat ini, total pendapatan mereka mencapai 580,4 juta euro. Ada penurunan besar dalam pendapatan iklan, hari pertandingan, dan siaran mereka yang merupakan kehilangan besar dari sumber finansial klub.

5. Liverpool

Juara bertahan Inggris, Liverpool juga mengalami penurunan pendapatan karena pandemi COVID-19. Penghasilan klub ini  turun dengan margin 46 juta euro, menghasilkan total pendapatan 558,6 juta euro pada musim ini. Meski demikian, Liverpool masih bisa menempati  posisi lima dari klub terkaya.

READ  Inilah Formasi Sepak Bola yang Sering Digunakan Liga Dunia

Sumber pendapatan tertinggi Liverpool adalah pendapatan komersial, yang lebih dari tiga kali lipat dari apa yang mereka peroleh satu dekade lalu. Namun, seperti kebanyakan klub lain, Liverpool mengalami penurunan pada pendapatan hari pertandingan dan pendapatan siaran mereka.

Liverpool sendiri adalah salah satu klub terbesar di Eropa dan memiliki sederet sejarah keberhasilan – memenangkan enam Piala Eropa dan 19 gelar Liga Inggris, yang kedua setelah Manchester United.

Tidak heran jika para miliarder gemar berinvestasi dalam bidang olahraga. Dapat dilihat dari daftar klub bola terkaya di dunia, ada banyak pendapatan yang cukup konsisten dalam bisnis ini.  Semakin sukses tim, semakin besar kekuatan finansial klub, karena pendapatan akan dihasilkan dari tiket hari pertandingan, penjualan, hak siar, kesepakatan Endorsement, dan banyak sumber lainnya.

About the Author: SinChan

You May Also Like